Ketahui Apa Itu PSBB Serta Aturannya yang Perlu Dipahami

Sejumlah wilayah memutuskan untuk menerapkan tindakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan laju penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia sejak beberapa bulan lalu. Dengan diterapkannya PSBB, maka sejumlah kegiatan yang melibatkan publik akan sangat terbatas, kantor-kantor beralih menjadi work from home, pembatasan kegiataan keagamaan dan pembatasan transportasi umum. Nah, sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya kamu paham betul apa itu PSBB serta berbagai macam larangannya berikut ini!

Apa Itu PSBB?

PSBB diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam rangka penanganan virus COVID-19. Pada aturan tersebut pasal 2 menyatakan bahwa jumlah kasus atau kematian akibat penyakit meningkat dan menyebar secara signifikan secara cepat ke beberapa wilayah dan daerah yang terdapat penyakit juga memiliki kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa yang terdapat di wilayah atau negara lain.

Kedua kriteria itulah yang menjadi acuan bagi Menteri Kesehatan untuk bisa menentukan apakah sebuah wilayah dapat diterapkan aturan PSBB dalam waktu sesegera mungkin atau tidak berdasarkan permohonan oleh gubernur/bupati/walikota setempat.

 

Kegiatan yang Dibatasi Selama Masa PSBB

Berbagai hal yang dibatasi di dalam PSBB diharapkan dapat memperlambat penyebaran virus Corona yang tidak hanya di DKI Jakarta, tapi juga di seluruh kota di Indonesia. Berikut ini adalah kegiatan yang yang dibatasi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar:

a. Transportasi Umum

Pembatasan moda transportasi dikecualikan untuk transportasi umum atau pribadi dengan memerhatikan jumlah penumpang dan menjaga jarak antar penumpang.

b. Aktivitas di sekolah dan tempat kerja

Aktivitas di sekolah dan tempat kerja masuk dalam hal yang dibatasi dalam PSBB, kecuali kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan ketahanan atau keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak atau gas, kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, distribusi logistik, dan kebutuhan dasar lainnya.

c. Aktivitas di Tempat Umum

Pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum dilaksanakan dalam bentuk pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak (Physical Distancing).

d. Kegiatan Keagamaan

Kegiatan keagamaan harus dilaksanakan di rumah dan dihadiri oleh keluarga dengan jumlah terbatas, dan tetap menjaga jarak setiap orang.

Dengan adanya aturan PSBB, diharapkan hal ini mampu melindungi masyarakat dari penularan virus Covid-19, sehingga dapat terus menekan jumlah angka positif dan kematian. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kepedulian dan kerjasama masyarakat untuk dapat menjadikan membuat kebijakan ini berjalan secara lancar dan efektif.    

Yuk, putus rantai penyebaran COVID-19 dengan tetap di rumah dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan! Tidak usah khawatir, meski berada di rumah, Kamu juga tetap bisa memberikan bantuan kepada tenaga medis yang berjuang di garda terdepan.

Mari bantu mereka untuk mendapatkan tempat beristirahat yang layak dan memenuhi standar dengan cara melakukan donasi secara online di dukunghabitat.org!

Ketahui Apa Itu PSBB Serta Aturannya yang Perlu Dipahami

Artikel lainnya

artikel lainnya