Inilah Gejala Virus Corona yang Perlu Diwaspadai

Di awal Januari 2020, kasus kematian akibat virus Corona terjadi untuk pertama kalinya. Dengan peningkatan jumlah kasus yang cukup signifikan dalam kurun waktu yang singkat, World Health Organization (WHO) mengumumkan status darurat kesehatan global pada 30 Januari 2020.

Terjadi secara serempak dengan cakupan daerah geografi yang luas di mana hampir di setiap negara terdapat kasus Corona, WHO pun menyatakan virus ini sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020. Virus Corona atau yang disebut juga Covid-19 ini sama saja dengan berbagai gangguan kesehatan lainnya di mana terdapat gejala awal yang dirasakan seseorang.

Pada dasarnya, virus Corona menginfeksi sistem pernapasan dan memicu munculnya infeksi pernapasan berat hingga berakhir pada hilangnya nyawa seseorang.  Adapun mereka yang rentan terhadap gangguan kesehatan ini, yakni kelompok usia lansia.

Namun bukan tidak mungkin usia bayi, kanak-kanak, hingga usia dewasa bisa mengidap virus Corona. Semakin lemah sistem kekebalan tubuh seseorang, semakin kuat risiko seseorang terpapar masalah kesehatan ini.

Gejala Virus Corona

Secara umum, orang-orang yang terinfeksi virus Corona akan menunjukkan gejala awal, seperti demam lebih dari 38 derajat celsius dan pilek. Tidak hanya itu, pula tanda-tanda virus Corona lainnya yang bakal terjadi saat seseorang terjangkit Corona. Gejala tersebut antara lain:

  1. Batuk kering
  2. Sesak napas
  3. Sakit tenggorokan
  4. Nyeri dada
  5. Tidak enak badan

Pada kasus yang sama tanda-tanda gejala infeksi Covid-19 bisa muncul, seperti diare, muncul ruam di kulit, hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mencium bau, sakit kepala, serta hidung berair. Yang jelas, ketika tanda-tanda virus Corona tersebut muncul, segera lakukan isolasi mandiri minimal 2 minggu dan batasi kontak dengan orang lain untuk mengurangi risiko penularan virus.

Demikianlah beberapa informasi singkat mengenai gejala virus Corona yang penting untuk diketahui. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, memperbanyak istirahat, serta mengikuti protokol kesehatan yang ada, semoga kamu dapat tetap sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan ini!

Untuk berdonasi membantu tenaga medis sebagai garda terdepan melawan virus Corona, kamu bisa mengunjungi dukunghabitat.org. Yuk!

Inilah Gejala Virus Corona yang Perlu Diwaspadai

Artikel lainnya

artikel lainnya