Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Donasi Online

Berkembangnya teknologi digital mendorong lembaga-lembaga sosial untuk terus berinovasi menyediakan layanan yang memudahkan kamu melakukan donasi secara online. Platform digital memang sudah sepatutnya dimanfaatkan juga untuk berbagi kebaikan dengan sesama. Namun, bagaimana cara memilih lembaga yang tepat dan dapat dipercaya? Yuk, simak dahulu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih lembaga sosial untuk donasi online!

Latar Belakang Lembaga Penyalur Donasi

Banyaknya lembaga penyalur donasi yang memiliki ‘fitur’ donasi online membuat kamu harus ekstra teliti menyaring lembaga-lembaga tersebut agar terhindar dari penyalahgunaan donasi atau terjerat kasus penipuan internet yang tidak jelas ujungnya. Jadi, ada baiknya kamu pelajari dulu sejarah lembaga tersebut untuk memastikan dana yang terkumpul benar-benar disalurkan ke tangan yang tepat.

 

Kamu bisa melakukan pengecekan terhadap ulasan dari donatur yang pernah menyumbangkan uangnya melalui lembaga tersebut. Jika tidak memiliki banyak waktu, telusuri website resmi lembaga penyalur donasi tersebut. Pastikan situs jejaring tersebut memuat keterangan lengkap dari informasi yang kamu butuhkan, seperti latar belakang, siapa pendiri dibaliknya, dan kelompok yang akan menyalurkan donasi online-mu.

Rekening Tujuan Donasi

Sebelum melakukan donasi online, periksa juga rekening pengumpulan dana yang dipakai. Bila rekening terdaftar atas nama suatu lembaga, lakukan pengecekan latar belakang untuk memastikan kredibilitas lembaga tersebut. Akan tetapi, untuk rekening tujuan yang terdaftar atas nama individu, pastikan kamu bisa tetap memperoleh akses atas laporan pertanggungjawaban dari kegiatan penggalangan dan penyaluran dana yang dilakukan.

Nama Domain yang Digunakan

Pihak-pihak yang menyalahgunakan donasi online biasanya akan menggunakan situs dengan domain murah untuk menarik perhatian orang agar mudah percaya. Domain yang dipakai tentunya akan terlihat aneh dan tidak biasa. Penggalangan dana yang dilakukan lewat situs dengan domain seperti itu dapat dipastikan tidak memiliki izin resmi. Jadi, jangan mudah terkecoh, ya! 


Kamu bisa periksa keaslian domain yang dipakai oleh situs lembaga tersebut menggunakan beberapa aplikasi pendeteksi penipuan (scam) yang tersedia di toko aplikasi khusus pengguna Android maupun iOS.

Situs Pembayaran yang Aman

Beberapa situs donasi online memberi kemudahan dengan melakukan pengiriman dana lewat form yang sudah disediakan dalam situs sang penyelenggara. Sebaiknya kamu berhati-hati dalam melakukan pengisian data pada form seperti ini, ya. Jangan sampai nomor kartu debit atau kredit yang kamu berikan malah disalahgunakan. Selalu pastikan situs donasi online tersebut adalah resmi dan asli serta terbebas dari spyware atau mesin pencuri data.

 

Jika setelah melakukan empat hal di atas, kamu mendapati bahwa lembaga tersebut memang terbukti resmi. Maka tidak perlu ragu lagi untuk melakukan donasi secara online. Nah, kalau sudah merasa aman dan yakin, yuk mulai berdonasi online di habitat.org!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Donasi Online

Artikel lainnya

artikel lainnya