Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi COVID-19 Agar Tetap Sehat

Kasus penyakit virus Corona (COVID-19) terus bertambah dari hari ke hari di Indonesia. Per tanggal 1 Juni 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 melalui lamannya menyebutkan bahwa terdapat 26.940 kasus positif virus corona dengan angka kematian 1.641 pasien dan 7.637 dinyatakan sembuh.

 

Peningkatan pasien COVID-19 disebabkan virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS COV-2) yang mudah menyebar ke manusia melalui berbagai perantara. Nah, saat berada di tengah pandemi Covid-19 ini, tentu saja kamu dituntut untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Agar tetap sehat dan selalu terlindungi, intip terlebih dahulu cara meningkatkan imun tubuh berikut ini!

 

Tidur yang Cukup

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengatur pola tidur. Pasalanya, kurang tidur bisa membuat seseorang rentan terinfeksi patogen, seperti menurunnya proliferasi limfosit yang menjadi bagian dari sistem imun.

Untuk memenuhi kebutuhan tidur kamu, National Sleep Foundation menyebutkan orang dewasa perlu mencukupkan tidur minimal 7-9 jam dalam satu hari.

 

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Luangkan sedikit waktu untuk berjemur di pagi hari sebelum jam 10 selama 15 menit. Kandungan vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat dijadikan salah satu cara meningkatkan imun tubuh dan melawan penyakit, seperti penyakit jantung, multiple sclerosis, beberapa jenis penyakit autoimun dan kanker, serta flu.

 

Konsumsi Makanan Sehat

Cara meningkatkan kekebalan tubuh yang berikutnya adalah dengan memerhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan bertambahnya waktu yang dihabiskan di dalam rumah, maka akan memudahkanmu untuk mengonsumsi makanan sehat.

Beberapa jenis makananan penambah daya tahan tubuh antara lain buah jeruk dan stroberi, sayur bayam, paprika merah, dan brokoli. Selain itu, jangan lupa untuk menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi minuman yang mengandung ekstrak empon-empon seperti jahe merah, kunyit, dan temulawak. Jahe merah mampu menjaga tubuh tetap hangat dan menghambat bakteri penurun imunitas.

 

Olahraga Secara Rutin

Rajin berolahraga dapat mempercepat kerja jantung dan memperlancar aliran darah untuk membakar lemak dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh pun meningkat. Setiap orang membutuhkan olahraga minimal 150 menit setiap minggu. Lakukan olahraga secara teratur setiap satu atau dua hari sekali untuk meningkatkan kebugaran.

Yuk, putus rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap di rumah dan menjaga daya tahan tubuh! Tidak usah khawatir, meski berada di rumah, Kamu juga tetap bisa memberikan bantuan kepada tenaga medis yang berjuang di garda terdepan. Yuk, bantu mereka mendapatkan tempat beristirahat yang layak dan memenuhi standar dengan cara melakukan donasi secara online di dukunghabitat.org!

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi COVID-19 Agar Tetap Sehat

Artikel lainnya

artikel lainnya