5 Dampak Work From Home Bagi Para Generasi Milenial, Apa Saja?

Merebaknya virus Corona di Indonesia membuat banyak kantor harus menerapkan sistem kerja Work From Home (WFH). Penerapan sistem kerja ini sebagai bagian dari tindak lanjut pernyataan Presiden Indonesia yang mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

Hal ini bertujuan demi meminimalisir penyebaran virus tipe terbaru yang menyerang hampir seluruh negara di dunia. Pada dasarnya, WFH sama saja dengan pekerjaan kantor seperti biasanya. Hanya saja seluruh pekerjaan, rapat, diskusi, serta koordinasi dengan rekan kerja dilakukan di rumah masing-masing.

Sistem ini pun mengandalkan beragam media dan aplikasi seperti video call, text messenger, serta conference call secara online. Namun, siapa sangka bahwa diterapkannya WFH ternyata memberikan dampak baik terhadap generasi milenial? Penasaran dengan dampak tersebut? Berikut 5 di antaranya!

Produktivitas Meningkat

Hal pertama yang menjadi hasil positif dari WFH, yaitu produktivitas. Beragam penelitian telah mengungkapkan bahwa produktivitas kerja semakin meningkat saat bekerja di rumah karena tingkat stres para pekerja lebih rendah.

Adanya Fleksibilitas

Fleksibilitas merupakan hal yang tidak didapatkan saat seseorang bekerja di kantor. Sementara di rumah, sistem WFH memungkinkan kamu berpindah-pindah tempat saat sedang bosan bekerja. Ruang tamu, teras, atau kamar pun kerap menjadi pilihan tempat yang menyenangkan.

Lebih Dekat dengan Keluarga

Selain itu, mereka yang bekerja dari rumah secara otomatis bisa lebih dekat dengan keluarga. Waktu yang dihabiskan dengan orang-orang tersayang pun bakal lebih lama, sehingga membuat seseorang lebih bahagia.

Bebas dari Lingkungan Kerja yang Mengganggu

Tidak bisa dimungkiri bahwa lingkungan kerja yang mengganggu justru menghambat produktivitas seseorang. Padahal suasana yang nyaman, tenang, serta kondusif dibutuhkan agar bisa lebih fokus dalam bekerja.

Terwujudnya Work Life Balance

Terakhir, dampak WFH bagi para generasi milenial, yakni terwujudnya Work Life Balance. Istilah ini merujuk pada keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari di mana kedua hal ini kerap kali terabaikan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai sistem kerja Work From Home yang perlu diketahui. Yang jelas, produktivitas selama bekerja dari rumah harus tetap terjaga demi mendukung proses bisnis yang berkelanjutan.

Untuk kerja yang efektif, ada baiknya jika kamu menerapkan tips-tips WFH, seperti menetapkan jam kerja dan menciptakan suasana bekerja yang nyaman. Jangan lupa pula untuk berdonasi di dukunghabitat.org demi membantu tenaga medis yang berdiri di garda terdepan penanganan Covid-19!

5 Dampak Work From Home Bagi Para Generasi Milenial, Apa Saja?

Artikel lainnya

artikel lainnya