4 Manfaat Berbuat Baik Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Berbuat baik memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Berbuat baik dapat kita lakukan di mana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja. Namun, tahukah kamu bahwa berbuat baik juga bermanfaat bagi kesehatan?

 

Mengurangi Stres

Di tengah sibuknya rutinitas sehari-hari, setiap orang pasti pernah mengalami momen-momen yang menyebabkan stres. Tapi, tahukah kamu kalau salah satu manfaat berbuat baik adalah mengurangi stres? Ketika kamu berbuat baik, maka perhatian pada diri sendiri akan berkurang karena kamu akan fokus melakukan kebaikan kepada orang lain. Hal itulah yang memberikan jeda agar kamu berhenti sejenak memikirkan diri sendiri dan permasalahan yang ada.

Baik Bagi Jantung

Manfaat berbuat baik yang lainnya adalah dapat memengaruhi kesehatan jantungmu. Ketika melakukan kebaikan, maka tubuh kita akan melepaskan hormon oksitosin yang menyebabkan pelepasan zat kimia nitric oxide dalam pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Meredakan Rasa Sakit

Selanjutnya, melakukan kebaikan untuk orang lain dapat mengurangi rasa sakit pada tubuhmu. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh hormon endorfin yang dilepaskan secara alami oleh tubuh, sehingga rasa sakit itu akan teralihkan dengan perasaan positif akibat dari zat tersebut (seperti morfin).

Menurunkan Risiko Hipertensi

Jika kamu berisiko mengalami masalah jantung, pada umumnya dokter akan menyarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah atau jam kerja yang membuat stres. Namun, kamu sebaiknya juga harus mempertimbangkan untuk menambahkan sesuatu ke jadwal rutinitas, misalnya menjadi sukarelawan yang teratur.

Dalam penelitian yang dilakukan peneliti University of California Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat pada 2013 lalu menemukan fakta bahwa orang-orang yang mengajukan diri setidaknya 200 jam setahun untuk menjadi sukarelawan dapat menurunkan risiko hipertensi hingga 40%. Hal ini mungkin karena mereka diberi lebih banyak kesempatan sosial yang membantu meringankan rasa kesepian dan tekanan yang sering menyertainya.

Nah, berbuat kebaikan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, kan? Mulailah dari hal-hal sederhana seperti membantu menyeberangkan anak kecil atau para lansia atau sekadar membagikan rezeki kepada lembaga-lembaga yang bekerja bagi banyak orang. Salah satu lembaga yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan bantuan adalah Habitat for Humanity Indonesia dengan cara melakukan donasi secara online di dukunghabitat.org.

4 Manfaat Berbuat Baik Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Artikel lainnya

artikel lainnya