4 Keuntungan Membangun Sanitasi

Sanitasi adalah sebuah tindakan manusia yang disengaja untuk membudayakan kebiasaan hidup bersih dan sehat untuk mencegah manusia terkontaminasi langsung dengan kotoran atau limbah berbahaya lainnya. Sanitasi juga bisa memperbaiki tingkat kesehatan manusia karena menciptakan lingkungan yang sehat dan terbebas dari risiko yang membahayakan kesehatan. Secara spesifik, ada 4 keuntungan membangun sanitasi yang perlu diketahui.

Meningkatkan Produktivitas

Menurut WHO, kondisi dan perilaku sanitasi yang baik dan perbaikan kualitas air minum dapat menurunkan kasus diare yang akan mengurangi jumlah hari tidak masuk sekolah dan tidak masuk kerja hingga 8 hari pertahun atau meningkat 17%. Kondisi tersebut bisa berdampak pada kesempatan meningkatkan pendapatan.

Menjaga Lingkungan Hidup

Kepedulian terhadap lingkungan dan sanitasi secara langsung berkorelasi dengan kualitas hidup. Untuk itu, gerakan menjaga kualitas lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu bentuk nyata partisipasi aktif manusia adalah dengan membangun sanitasi. Misalnya membuang sampah pada tempatnya dan melakukan pengolahan sampah dengan baik. Dengan ini sampah tidak menumpuk di sekitar tempat kita tinggal dan menjadi masalah baru yang berdampak negatif terhadap kesehatan orang-orang di lingkungan kita.

Membantu Menurunkan Angka Kemiskinan

Akibat buruknya sanitasi, rata-rata keluarga di Indonesia harus menanggung Rp1,25 juta setiap tahunnya. Ini jumlah yang sangat berarti bagi keluarga miskin. Biaya-biaya tersebut mencakup biaya berobat, perawatan rumah sakit, dan hilangnya pendapatan harian (opportunity cost) akibat menderita sakit atau harus menunggu dan merawat anggota keluarga yang sakit.

Memberdayakan Masyarakat

Sanitasi pemberdayaan masyarakat ini dapat membuat masyarakat lebih mandiri dalam pengelolaan sanitasi di daerah mereka. Selain itu, masyarakat akan semakin paham tentang betapa pentingnya pengelolaan lingkungan yang bersih melalui sanitasi.

Setiap orang diharapkan memiliki akses sanitasi yang memadai. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan kerjasama dari seluruh anggota masyarakat. Kamu dapat memulai dengan langkah sanitasi di atas dari diri sendiri dan keluarga. Selain itu, kamu juga dapat membantu teman-teman kita yang belum memiliki sanitasi memadai dengan cara melakukan donasi secara online di dukunghabitat.org!

4 Keuntungan Membangun Sanitasi

Artikel lainnya

artikel lainnya